Pentingnya Refresh Rate Tinggi Dan Response Time Rendah Dalam Sebuah Ponsel Gaming

ROG Phone II gres saja diluncurkan Kamis (5/12) kemarin. Ponsel bakir tersebut menjadi buah bibir di kalangan penggemar gadget Indonesia, khususnya bagi para mobile gamers berkat spesifikasinya yang sangat mumpuni, penampilannya yang menawan, serta pemberian aksesoris yang bisa meningkatkan kenyamanan bermain. Tidak hanya itu saja, ponsel yang dijuluki #HapenyaSultan ini juga membawa satu fitur khusus gaming yang belum dimiliki oleh ponsel lainnya. Fitur yang dimaksud ialah penggunaan layar AMOLED dengan refresh rate tinggi 120 Hz dan response time 1 ms.

ROG Phone II gres saja diluncurkan Kamis  Pentingnya Refresh Rate Tinggi dan Response Time Rendah dalam Sebuah Ponsel Gaming
Gambar dari dokumen pribadi.

Regional Director ASUS Southeast Asia, Jimmy Lin, menyampaikan bahwa ROG Phone II merupakan ponsel bakir gaming pertama yang memakai layar AMOLED 120 Hz 1ms. Fitur tersebut biasanya tidak diusung oleh produsen ponsel lainnya lantaran gaming bukanlah fokus utama mereka. Bagi Jimmy, layar dengan refresh rate tinggi dan mempunyai respons yang cepat sangat penting keberadaannya bagi para mobile gamers. Apakah sebabnya? Simak penjelasannya yang sudah dirangkum oleh penulis di bawah ini.

Grafis yang terlihat lebih memukau sanggup membantu agresi para pemain

Refresh rate adalah sebuah istilah yang sering muncul ketika kita membahas sebuah layar digital. Hal tersebut merupakan kemampuan layar untuk melaksanakan refresh dan menampilkan frame dalam satu detik yang ditampilkan dalam bentuk frekuensi dengan satuan Hertz (Hz). Refresh rate erat kaitannya dengan berapa banyak frame yang bisa ditampilkan pada layar dalam satu detiknya. Sebagai contoh, jikalau sebuah layar mempunyai refresh rate 60 Hz, maka layar tersebut bisa menampilkan 60 frame per detiknya (60 FPS). Semakin tinggi refresh rate, maka jumlah frame yang sanggup ditampilkan akan semakin banyak. Efek dari lebih banyak frame yang ditampilkan salah satunya ialah meningkatkan tampilan visual dan memperhalus animasi yang ada di dalam sebuah game.

ROG Phone II gres saja diluncurkan Kamis  Pentingnya Refresh Rate Tinggi dan Response Time Rendah dalam Sebuah Ponsel Gaming
Gambar dari dokumen pribadi.

Melanjutkan pernyataan dari Jimmy sebelumnya, bahwa para gamers memerlukan frame rate yang tinggi ketika bermain game karena hal tersebut sangat besar lengan berkuasa pada setiap agresi yang dia lakukan. Jika frame rate yang dihasilkan rendah, maka tampilan animasi akan terlihat tidak mulus dan tentunya akan mengganggu respons gamer saat bermain. Di dalam ranah PC gaming, sebagian besar e-Sports gamers sudah terbiasa bermain dengan standar refresh rate 144 dan 240 Hz. Sementara di ranah mobile gaming, ROG Phone II terlihat ingin menaikkan standar bermain mobile game melalui layar 120 Hz yang bisa menampilkan frame rate hingga 120 FPS.

Tiap agresi begitu penting, response time layar menjadi faktor utama

Kemampuan seorang gamer dalam keahlian bermain menjadi salah satu faktor utama penentu kemenangan di dalam sebuah permainan. Namun hal tersebut tidak terlepas dari tugas teknis menyerupai response time yang dimiliki oleh perangkat yang gamer tersebut gunakan. Sebagai informasi, response time adalah waktu yang dibutuhkan oleh layar untuk menampilkan perintah atau masukan (input) gamer menjadi sebuah agresi ataupun animasi di dalam game. Semakin rendah response time yang dimiliki oleh sebuah layar, maka semakin cepat pula input dari gamer dalam sebuah permainan.

ROG Phone II gres saja diluncurkan Kamis  Pentingnya Refresh Rate Tinggi dan Response Time Rendah dalam Sebuah Ponsel Gaming
Gambar dari dokumen pribadi.

Bagaimana jikalau response time tersebut tinggi? Sejago-jagonya seorang gamer memiliki keahlian dalam bermain, maka pastinya dia akan mengalami hambatan ketika sedang beraksi di dalam pertandingan. Response time yang tinggi sanggup menciptakan input dari gamer menjadi terlambat untuk ditampilkan, sehingga bisa mengakibatkan jeda input atau input lag. Setiap detik, bahkan milidetik merupakan pertaruhan hidup atau mati serta menang atau kalah bagi seorang gamer di dalam sebuah pertandingan. Sehingga tentu saja perangkat yang mempunyai layar dengan response time lebih rendah akan sangat membantu permainan bagi para gamers.

Oleh lantaran itu, merupakan hal yang sangat istimewa ketika ROG Phone II membawa sebuah layar, yang tidak hanya indah dipandang berkat penggunaan panel AMOLED, tapi juga mempunyai response time yang sangat rendah, yakni 1 ms. Response time yang rendah tersebut menciptakan agresi para gamer akan semakin gampang untuk dilakukan ketika sedang bertanding.



Sumber https://www.mainhape.com/

0 comments:

Copyright © 2013 glog